Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Lapak UMKM Oro Oro Ombo Kota Madiun

Salah bentuk implementasi Tri Dharma perguruan tinggi adalah terjun ke masyarakat untuk melakukan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pada Rabu 01 Februari 2023 bertepatan di Lapak UMKM Oro Oro Ombo Kota Madiun, salah satu tim dari Prodi Manajemen UKWMS Kampus Kota Madiun yang terdiri dari bapak Ardianus Laurens Paulus, S.E., M.Sc. dan Ibu F. Anif Farida, S.E., M.M. bersama mahasiswa melakukan kegiatan pendamping Pengembangan Model Bisnis bagi pelaku usaha di lapak tersebut.

Kegiatan PKM ini adalah bertujuan untuk memperkenalkan kepada mitra bagaimana menyusun model bisnis yang disesuaikan dengan kondisi saat ini terkait usaha yang mereka jalankan dan mitra dapat mengetahui dari 9 elemen model bisnis mana yang berperan paling dominan dalam bisnis mereka sehingga dapat membuat strategi untuk bisnis yang dijalankan.

Pengembangan usaha terkait bisnis pada lapak-lapak yang ada masih bersifat biasa dan belum menemukan model bisnis yang sesuai dengan perkembangan yang ada. PKM ini dilakukan atas kesepakatan bersama dengan pelaku lapak UKM yang berada di Kelurahan Oro Oro Ombo Kota Madiun. Metode yag digunakan adalah pendampingan dan pelatihan membuat model bisnis berdasarkan 9 elemen yang ada pada model kanvas yang diusulkan dalam PKM ini. Hasil dari PKM ini adalah pelaku lapak nantinya akan mengetahui bentuk dan model dari bisnis mereka sehingga mereka dapat menyusun rencana dan strategis bisnis yang sesuai dengan usaha mereka.